MAKALAH
SEJARAH PERKEMBANGAN
IPPNU
Disusun Oleh:
Haris Rosi
SUNGAI BAKAU BESAR LAUT
KEC. SUNGAI PINYUH KAB. MEMPAWAH KODE POS 78353
2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat tuhan yang maha kuasa karena atas limpahan rahmat,
hidayah dan inayahnya maka kami dapat menyelesaikan makalah “mata
pelajaran”. Dengan judul “sejarah perkembangan ippnu” dapat
terselesaikan dengan baik dan semampu penulis.
kami menyadari bahwa dalam penyusunan tugas ini
masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahannya. Oleh karena itu kami sangat
mengharapkan kritik dan saran yang sangat kami harapkan dari berbagai pihak
sebagai bahan perbaikan dalam proses penyusunan materi yang selanjutnya.
Tak lupa ucapan terima kasih kami haturkan kepada (guru bidang study)selaku guru mata pelajaran “mata pelajaran” karena atas jasa dan pengaruhnya kami dapat
mengetahui materi tersebut. Tak lupa pula kami ucapkan terimakasih
kepada Ayah dan bunda tercinta serta kepada rekan-rekan seperjuangan
karena atas dorongan dan semangat kerja samanya yang baik sehinga kami dapat
aktif dalam mengikuti proses belajar pada saat ini.
Akhirnnya disampaikan terima kasih.
Mempawah, 16 Januari
2017
Penulis
DAFTAR ISI
KATAPENGANTAR...................................................................................
DAFTAR
ISI.................................................................................................. .......
BAB
I PEMBAHASAN
A.
Sejarah Ipnu...............................................................................................
B.
Tujuan Ipnu...............................................................................................
C.
Hubungan Ipnu
Dengan NU Dan Ormas Yang Lain................................
BAB II PENUTUP
A.
Kesimpulan................................................................................................
B.
Saran .........................................................................................................
C.
Daftar Pustaka...........................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
IPPNU adalah singkatan dari Ikatan Pelajar Putri
Nahdlatul Ulama, yang didirikan tanggal 2 maret 1955M / 8 Rajab 1374 H, IPPNU
adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh (Umroh
machfudhoh, Atika Murtadloh, Latifah Hasyim, Romlah dan Basyiroh Saimuri) yang dibawah naungan jamiyah Nahdlatul Ulama tempat terhimpun, wadah
komunikasi, waddah aktualisasi dan wadah yang merupakan bagian integral dan
potensi generasi muda indonesi secara utuh yang akan membawa indonesia lebih
kemada akhlakul karimah yang kuat dan berkarakter serta berprestasi.
Oleh karena itu keberadaan IPPNU memiliki peran
sebagai wahana kaderisasi bagi pemuda-pemudi yang ada di indonesi sekaligus
sebagai alat perjuangan NU dalam menetapkan pemuda sebagai sumberdaya insani
yang vital, yang dituntut berkiprah lebih banyak dalam kacah pembangunan bangsa
dan negara serta melindungi pancasila.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana
Sejarah Ipnu?
2.
Apa Tujuan Ipnu?
3.
Bagaimana Hubungan Ipnu Dengan NU Dan Ormas Yang Lain?
C.
Tujuan
1.
Ingin
mengetahui Sejarah Ipnu.
2.
Ingin mengetahui Tujuan Ipnu.
3.
Ingin mengetahui Hubungan Ipnu Dengan NU Dan Ormas
Yang Lain.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah
IPPNU
Ø Berawal dari pesantren
Ø Pendiri (Umroh machfudhoh, Atika Murtadloh, Latifah
Hasyim, Romlah dan Basyiroh Saimuri)
vDasar pemikiran :
v Muktamar NU ke-20 tahun
1954
v “IPNU adalah
satu-satunya pelajar putra NU dan untuk perempuan harus ada organisasi yang
terpisah”
v Konferensi Panca daerah
(28 Februari – 5 Maret 1955) Lima cabang IPNU Putri (Surakarta, Malang,
Lumajang, Kediri, Yogyakarta)
v 2 Maret 1955/ 8 Rojab
1374 H adalah hari deklarasi IPNU Putri (kelak IPPNU)
B. Tujuan IPPNU
Terbentuknya
kesempurnaan pelajar putri Indonesia yang bertaqwa, berakhlaqul karimah, berilmu
dan berwawasan kebangsaan.
1. Aqidah dan asas IPPNU
IPPNU beraqidah Islam menurut faham ahlus
sunnah waljamaah dan mengikuti salah satu madzab : Hanafi, Maliki, Syafi’i dan
Hambali
IPPNU berasaskan Pancasila
2. Sifat IPPNU
Organisasi kepelajaran,
kemasyarakatan dan keagamaan yang bersifat nirlaba
3. Fungsi IPPNU
Ø Wadah berhimpun pelajar
PUTRI NAHDLATUL ULAMA umtuk melanjutkan nilai-nilai dan cita-cita pejuangan NU
Ø Wadah komunikasi, interaksi dan integrasi pelajar
putri NU untuk menggalang ukuwah islamiyah dan mengembangkan syiar islam
ahlussunnah wal jama’ah
Ø Wadah kaderisasi NU pada
basis pelajar putri untuk mempersiapkan kader-kader bangsa
Ø Wadah keilmuan
4. Makna Lambang IPPNU
“Lambang IPPNU”
Makna Lambang IPPNU
v Warna hijau : melambangkan kesuburan serta dinamis
v Warna putih : kesucian, kejernihan serta kebersihan
v Warna kuning : hikmah yang tinggi/ kejayaan
v Segitiga : Iman, Islam dan Ikhsan
v 2 buah garis tepi
mengapit warna kuning : dua kalimat
syahadat
Sembilan bintang : yang diartikan (Nabi
Muhammad SAW, 4 bintang sebelah kanan Khulafaur Rosyidin, 4 bintang sebelah
kiri 4 madzhab).
Dua kitab : Al-qur’an dan hadist
Dua bulu bersilang : aktif menulis dan
membaca untuk menambah wacana berfikir
v Dua bunga
melati : perempuan dengan kebersihan
pikiran dan kesucian hatinya memadukan dua unsur ilmu umum dan agama
v Lima titik diantara
I.P.P.N.U. : rukun islam
C. HUBUNGAN IPPNU DENGAN
NAHDLATUL ULAMA
Intern (dalam lingkungan NU)
IPPNU sebagai perangkat / badan otonom NU, secara kelembagaan memiliki
kedudukan yang sama dan sederajat dengan badan-badan otonom lainnya yaitu
memiliki tugas utama melaksanakan kebijakan NU, khususnya yang berkaitan dengan
kelompok masyarakat tertentu. Masing-masing badan
yang berdiri sendiri itu hanya dapat dibedakan dengan melihat kelompok yang
menjadi sasaran dan bidang garapannya masing-masing. Dan bidang garap IPPNU
adalah sebagai organisasi pengkaderan awal di NU.
Ø
Ekstern
(diluar lingkup NU) IPPNU adalah bagian integral dari generasi muda Indonesia
yang memiliki tanggung jawab terhadap kelangsungan hidup bangsa dan NKRI dan
merupakan bagian tek terpisahkan dari upaya dan cita-cita perjuangan NU serta
cita-cita bangsa
D. HUBUNGAN IPPNU DENGAN ORGANISASI
PELAJAR LAIN
Sesuai dengan sifat organisasi, bahwa IPPNU adalah
organisasi ketrpelajaran yang bersifat nirlaba, memiliki target group (kader)
usia 12-30 tahun(pelajar, santri, mahasiswi) dan terbatas pada lingkungan NU. Di tingkat sekolah menengah IPPNU dapat menjadi alternatif organisasi baik
intra maupun ekstra (tidah harus menggeser OSIS).
Pada pondok pesantren,
dapat bekerja sama dengan organisasi santri-santriwati yang ada di pondok
pesantren (pada prinsipnya bersaudara dan bermitra / rekan) dan di perguruan
tinggi dapat menjadi pilihan dari sekian banyak organisasi kemahasiswaan dengan
latar belakang ideologi dan paham agama.
BAB III
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Bahwa
ippnu lahir pada taggal 2 maret 1955/8 rajab 1374 H.
Dideklarisakan sebagai hari kelahiran IPNU putri yang mengesahkan PB ma’arif NU
dan menjadi IPPNU UU No. 8 tahun 1985 pada kongres IPPNU IX jombang tahun 1987
menjadi IPPNU, Disurabaya juga dideklarisikan menjadi IPPNU tanggal 18-23 juni
2003
B. Saran
Dari hasil kesimpulan di atas, maka kami
mengharapkan agar pembaca dapat memberikan saran-saran yang tidak menutup
kemungkinan dapat mendatangkan manfaat bagi makalah ini:
1.
Diharapkan
makalah ini bisa bermnfaat pada keilmuan yang selanjutanya yang akan
menjelaskan lebih jauh tenang judul makalah ini.
2.
Diharapkan pada makalah
ini bisa di jadikan rujukan untuk pembaca dan pelajar manusia yang ada di dunia
ini.
No comments:
Post a Comment