Sunday, 16 July 2017

makalah sejarah perkembangan ippnu



MAKALAH
SEJARAH PERKEMBANGAN IPPNU














 






Disusun Oleh: 
Haris Rosi





SUNGAI BAKAU BESAR LAUT
KEC. SUNGAI PINYUH KAB. MEMPAWAH KODE POS 78353
2016/2017
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat tuhan yang maha kuasa karena atas limpahan rahmat, hidayah dan inayahnya maka kami dapat menyelesaikan makalah “mata pelajaran”. Dengan judul “sejarah perkembangan  ippnu dapat terselesaikan dengan baik dan semampu penulis.
kami menyadari bahwa dalam penyusunan tugas ini masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahannya. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang sangat kami harapkan dari berbagai pihak sebagai bahan perbaikan dalam proses penyusunan materi yang selanjutnya.
Tak lupa ucapan terima kasih kami haturkan kepada (guru bidang study)selaku guru mata pelajaran “mata pelajaran” karena atas jasa dan pengaruhnya kami dapat mengetahui materi tersebut. Tak lupa pula kami ucapkan terimakasih kepada Ayah dan bunda tercinta serta kepada rekan-rekan seperjuangan karena atas dorongan dan semangat kerja samanya yang baik sehinga kami dapat aktif dalam mengikuti proses belajar pada saat ini.
Akhirnnya disampaikan terima kasih.      






           
Mempawah, 16 Januari 2017

Penulis



DAFTAR ISI
            KATAPENGANTAR...................................................................................
            DAFTAR ISI.................................................................................................. .......
            BAB I PEMBAHASAN
A.      Sejarah Ipnu...............................................................................................
B.       Tujuan Ipnu...............................................................................................
C.       Hubungan Ipnu Dengan NU Dan Ormas Yang Lain................................
            BAB II PENUTUP
A.    Kesimpulan................................................................................................
B.     Saran .........................................................................................................
C.     Daftar Pustaka...........................................................................................
















BAB I
 PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
IPPNU adalah singkatan dari Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama, yang didirikan tanggal 2 maret 1955M / 8 Rajab 1374 H, IPPNU adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh (Umroh machfudhoh, Atika Murtadloh, Latifah Hasyim, Romlah dan Basyiroh Saimuri) yang dibawah naungan jamiyah Nahdlatul Ulama tempat terhimpun, wadah komunikasi, waddah aktualisasi dan wadah yang merupakan bagian integral dan potensi generasi muda indonesi secara utuh yang akan membawa indonesia lebih kemada akhlakul karimah yang kuat dan berkarakter serta berprestasi.
Oleh karena itu keberadaan IPPNU memiliki peran sebagai wahana kaderisasi bagi pemuda-pemudi yang ada di indonesi sekaligus sebagai alat perjuangan NU dalam menetapkan pemuda sebagai sumberdaya insani yang vital, yang dituntut berkiprah lebih banyak dalam kacah pembangunan bangsa dan negara serta melindungi pancasila.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Sejarah Ipnu?
2.      Apa Tujuan Ipnu?
3.      Bagaimana Hubungan Ipnu Dengan NU Dan Ormas Yang Lain?
C.    Tujuan
1.      Ingin mengetahui Sejarah Ipnu.
2.      Ingin mengetahui Tujuan Ipnu.
3.      Ingin mengetahui Hubungan Ipnu Dengan NU Dan Ormas Yang Lain.




BAB II
PEMBAHASAN
A.    Sejarah IPPNU
Ø  Berawal dari pesantren
Ø  Pendiri (Umroh machfudhoh, Atika Murtadloh, Latifah Hasyim, Romlah dan Basyiroh Saimuri)
vDasar pemikiran :
v  Muktamar NU ke-20 tahun 1954
v  “IPNU adalah satu-satunya pelajar putra NU dan untuk perempuan harus ada organisasi yang terpisah”
v  Konferensi Panca daerah (28 Februari – 5 Maret 1955) Lima cabang IPNU Putri (Surakarta, Malang, Lumajang, Kediri, Yogyakarta)
v  2 Maret 1955/ 8 Rojab 1374 H adalah hari deklarasi IPNU Putri (kelak IPPNU)
B.     Tujuan IPPNU
            Terbentuknya kesempurnaan pelajar putri Indonesia yang bertaqwa, berakhlaqul karimah, berilmu dan berwawasan kebangsaan.
1.      Aqidah dan asas IPPNU
      IPPNU beraqidah Islam menurut faham ahlus sunnah waljamaah dan mengikuti salah satu madzab : Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali
                         IPPNU berasaskan Pancasila
2.      Sifat IPPNU
      Organisasi kepelajaran, kemasyarakatan dan keagamaan yang bersifat nirlaba
3.      Fungsi IPPNU
Ø  Wadah berhimpun pelajar PUTRI NAHDLATUL ULAMA umtuk melanjutkan nilai-nilai dan cita-cita pejuangan NU
Ø  Wadah komunikasi, interaksi dan integrasi pelajar putri NU untuk menggalang ukuwah islamiyah dan mengembangkan syiar islam ahlussunnah wal jama’ah
Ø  Wadah kaderisasi NU pada basis pelajar putri untuk mempersiapkan kader-kader bangsa
Ø  Wadah keilmuan
4.      Makna Lambang IPPNU
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSsqIftppuFVNkQ2H9hvaUX5tvfxpeW3RVsAZJIV4agZy7rjaf3nwIyAUloFReFkhA0EzhUXrGDMBTl8DWVoRjxkr5SCSepk5CtYQcmRmPu2M9Sl1E8K16Qti_YBXoibtbatDvywz5CUM/s200/ippnu-color.jpg
“Lambang IPPNU”
                        Makna Lambang IPPNU
v  Warna hijau                 : melambangkan kesuburan serta dinamis
v  Warna putih                : kesucian, kejernihan serta kebersihan
v  Warna kuning              : hikmah yang tinggi/ kejayaan
v  Segitiga                       : Iman, Islam dan Ikhsan
v  2 buah garis tepi mengapit warna kuning       : dua kalimat syahadat
Sembilan bintang       : yang diartikan (Nabi Muhammad SAW, 4 bintang sebelah kanan Khulafaur Rosyidin, 4 bintang sebelah kiri 4 madzhab).
Dua kitab                    : Al-qur’an dan hadist
Dua bulu bersilang      : aktif menulis dan membaca untuk menambah wacana berfikir
v  Dua bunga melati        : perempuan dengan kebersihan pikiran dan kesucian hatinya memadukan dua unsur ilmu umum dan agama
v  Lima titik diantara I.P.P.N.U.  : rukun islam

C.    HUBUNGAN IPPNU DENGAN NAHDLATUL ULAMA
Intern (dalam lingkungan NU) IPPNU sebagai perangkat / badan otonom NU, secara kelembagaan memiliki kedudukan yang sama dan sederajat dengan badan-badan otonom lainnya yaitu memiliki tugas utama melaksanakan kebijakan NU, khususnya yang berkaitan dengan kelompok masyarakat tertentu. Masing-masing badan yang berdiri sendiri itu hanya dapat dibedakan dengan melihat kelompok yang menjadi sasaran dan bidang garapannya masing-masing. Dan bidang garap IPPNU adalah sebagai organisasi pengkaderan awal di NU.
Ø  Ekstern (diluar lingkup NU) IPPNU adalah bagian integral dari generasi muda Indonesia yang memiliki tanggung jawab terhadap kelangsungan hidup bangsa dan NKRI dan merupakan bagian tek terpisahkan dari upaya dan cita-cita perjuangan NU serta cita-cita bangsa
D.    HUBUNGAN IPPNU DENGAN ORGANISASI PELAJAR LAIN
Sesuai dengan sifat organisasi, bahwa IPPNU adalah organisasi ketrpelajaran yang bersifat nirlaba, memiliki target group (kader) usia 12-30 tahun(pelajar, santri, mahasiswi) dan terbatas pada lingkungan NU. Di tingkat sekolah menengah IPPNU dapat menjadi alternatif organisasi baik intra maupun ekstra (tidah harus menggeser OSIS).
Pada pondok pesantren, dapat bekerja sama dengan organisasi santri-santriwati yang ada di pondok pesantren (pada prinsipnya bersaudara dan bermitra / rekan) dan di perguruan tinggi dapat menjadi pilihan dari sekian banyak organisasi kemahasiswaan dengan latar belakang ideologi dan paham agama.





BAB III
KESIMPULAN
A.    Kesimpulan
Bahwa ippnu lahir pada taggal 2 maret 1955/8 rajab 1374 H. Dideklarisakan sebagai hari kelahiran IPNU putri yang mengesahkan PB ma’arif NU dan menjadi IPPNU UU No. 8 tahun 1985 pada kongres IPPNU IX jombang tahun 1987 menjadi IPPNU, Disurabaya juga dideklarisikan menjadi IPPNU tanggal 18-23 juni 2003
B.     Saran
Dari hasil kesimpulan di atas, maka kami mengharapkan agar pembaca dapat memberikan saran-saran yang tidak menutup kemungkinan dapat mendatangkan manfaat bagi makalah ini:
1.    Diharapkan makalah ini bisa bermnfaat pada keilmuan yang selanjutanya yang akan menjelaskan lebih jauh tenang judul makalah ini.
2.    Diharapkan pada makalah ini bisa di jadikan rujukan untuk pembaca dan pelajar manusia yang ada di dunia ini.

No comments:

Post a Comment